Saturday, July 13, 2019

HINDER ORDONANTIE (HO)


Hinder ordonantie  (HO) merupakan peraturan hukum yang diwariskan dari Pemerintah Kolonial Belanda dan lebih dikenal dengan istilah 'izin gangguan'. 
Penjelasan:  
Aturan tentang izin gangguan ini dibuat pada tahun 1926 dengan nama ”Staatsblad 1926 Nomor 226” dan kemudian disempurnakan tahun 1940 dengan nama ”Staatsblad 1940 Nomor 450”.  
Aturan ini merupakan salah satu bentuk perlindungan terhadap masyarakat dan lingkungan hidup. Apalagi perkembangan teknologi dan industri yang pesat dewasa ini ternyata membawa pengaruh bagi kehidupan manusia. Pengaruh yang bersifat positif diharapkan oleh manusia dalam rangka meningkatkan kualitas dan kenyamanan hidup.  
Namun, dampak yang besifat negatif dapat menurunkan kualitas dan kenyamanan hidup bagi masyarakat dan lewat izin gangguan inilah diharapkan diperoleh kanyaman hidup dan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Oleh karenanya, setiap kegiatan industri dari segi pengaturannya mewajibkan perusahaan itu untuk memenuhi beberapa persayaratan, di antaranya tentang izin gangguan.

0 komentar:

Post a Comment